Waktu

Memang segala sesuatu gak bakal bisa menghentikan waktu. Umur juga sedikit demi sedikit akan bertambah, hingga kita tak sadar bahwa kita yang dulunya masih bocah yg hanya punya kewajiban belajar, hingga kita yang sekarang telah dewasa memikul banyak beban, berharap waktu bisa berhenti, agar bisa menghela nafas sejenak.

Orang-orang bilang everything has changed, kebiasaan-kebiasaan lama pun mulai ditinggalkan, sedih memang, kebiasaan-kebiasan itu harus ditinggalkan. Walaupun kita berharap bisa melakukan-melakukan kebiasaan itu lagi, rasanya tidak akan pernah terasa sama. Keasikan yang kita rasakan dari kebiasaan itu akan terasa berbeda, pasti. Hidup itu harus berputar, kita yang dulu sering di-traktir berubah menjadi men-traktir, kita yang dulu dilindungi berubah menjadi melindungi. Semakin beranjaknya umur kelak, mau tidak mau hidup kita pasti berputar

timeYa dunia memang pahit, waktu telah mengendalikan segalanya. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan terbesar dalam hidupnya, ada yang bersyukur, ada yang berharap waktu bisa diputar kembali. Tapi satu yang pasti, kita gak akan pernah bisa mengendalikan waktu, kesalahan-kesalahan di masa lalu cukup membuat kita belajar banyak nilai kehidupan, masa lalulah yang mempengaruhi kita yang sekarang , dan tugas kita sekarang adalahmampu mengambil hikmah-hikmah masa lalu dan membuat masa depan.

Demikian tulisan tengah malam random , entah darimana asalnya ide ini . Maaf juga akhir-akhir ini jarang ngepost, karena lagi sibuk di dunia nyata 😀 . Buat yang gak ngerti arti dari tulisan ini, terkadang suatu makna gak harus tersurat, tapi bisa juga tersirat. terimakasih ^^

Iklan

Sepotong Chatting

“Dia cantik dan baik, aku harus bikin dia suka sama aku !”

Ujar Roy dalam hati. Sama seperti orang kasmaran pdkt pada umumnya, Roy secara intens chatting via bbm dengan seorang gadis sebut saja Bunga (bukan mawar). Setiap waktu senggang Roy curahkan perhatiannya untuk Bunga, via chatting seperti udah makan apa belum ?, Udah mandi apa belum ?, Udah ngupil apa belum ?, semacam itulah. Roy merasa cocok dengan Bunga dan Roy mengharapkan hal yg sama dirasakan oleh Bunga. Padahal mereka baru bertemu sesekali saja , itupun sebentar karena notabene Roy adalah peneliti macan bercelana gemes di kutub selatan dan Bunga adalah seorang dokter spesialis cabe-cabean menopause. Jadi nyambunglah obrolan mereka.

terkadang muncul rasa suka dengan seseorang hanya dari obrolan sebuah chatting. Salah memang , tapi kamu tak bisa memungkiri bahwa rasa itu memang ada. Yang bisa kamu lakukan hanyalah menahan perasaan itu agar tidak terbang terlalu tinggi

Dan setelah sekian lama chatting,mereka bertemu kembali. Roy menyatakan cinta nya ke Bunga,dan…… di tolak. Roy terdiam sejenak, lalu bertanya “kenapa km nolak aku ? Padahal aku udah ngerasa kamu cocok”. “Iya kamu emang cocok… tapi cuman di chatting aja , aku gak suka liat km meperin upil sembarangan !” Jawab Bunga sambil memakai helm proyek dan pergi dengan sepeda roda tiganya. Lalu Roy mencongkel otaknya dan mengajaknya lompat tali diperempatan terdekat sambil berteriak “DASAR WANITA BLASTERAN TAPIR KENYA !!!!” . Nampak nya Roy telah menjadi PHP lagi (baca:penerima harapan palsu).

Dunia maya dan realita memang kadang bertolak belakang ,terkadang kamu harus realistis berkaca pada diri sendiri apakah kamu sudah pantas dicintai apa belum, Obrolan di chatting pun belum tentu seasik aslinya.Dan orang yang kamu suka belum tentu merasakan apa yg kamu rasakan juga. Jika memang cocok , gak akan ada namanya cinta bertepuk sebelah tangan.

Renungan Akhir Tahun

2014 akan segera berakhir dengan segala cerita yang terdapat didalamnya . Seperti seekor ular yang berganti kulit , semua cerita suka ataupun duka pun melebur menjadi cerita yang baru ditulis di tahun yang akan datang. Begitu juga Roy, diambilnya secangkir teh dan sepotong roti susu untuk menemani lamunannya . Sampai ia tak sadar sedari tadi gula yang ada di dalam teh telah larut bersama kenangannya tahun ini

Ia belajar bahwa saat seseorang hidup , ia harus tau passion-nya apa.

Maka dari itu Roy tidak ingin jadi the living dead, ya bisa disebut zombie. Seorang zombie yang hidup tidak mempunyai tujuan , tak tau apa passion-nya , apa hobi nya. Roy berusaha mencari tau apa passion nya dengan mencoba banyak hal , ia mulai mengasah keahliannya dengan futsal lawan tapir , mencoba tidak pipis selama setahun penuh , maen bulutangkis sambil ngupil dan banyak lagi.

passion

Setelah semua yang Roy lakukan , ia belum juga menemukan passion-nya . Apa yang membuatnya merasa hidup , sesuatu yang rela ia lakukan dengan tidak dibayar sekalipun. Roy yakin suatu saat ia akan menemukan passion-nya . Maka dari itu ia tidak akan mebiarkan hidupnya lurus-lurus saja , tidak ada yang menarik dalam hidupnya sampai tidak ada yang bisa ia ceritakan pada anak cucunya

Seperti detak jantung , jika hidup seseorang tidak ada naik dan turun , maka itu sama saja ia telah mati.

Ia juga belajar dari pertemuannya dan perpisahan dengan inha.

Ia sangat menyayanginya . Roy tau apa yang akan dia perjuangkan dan pertahankan . Segala perhatian dan pengertian ia tumpahkan kepada wanita tersebut
Tapi apa daya, mereka harus berpisah, mereka berpisah karena suatu hal. Sedih memang karena harus mengakhiri kisah yang indah itu. Ia lalui hari-harinya dengan kemurungannya dan meratapi bahwa kenyataannya inha telah meninggalkanyabreakup

Karena setiap kehilangan butuh peratapan, begitu juga cinta yang telah mati

Sampai suatu ketika ia sadar , saat dia semakin membenci inha . Semakin ia tidak bisa lepas dari bayang-bayang inha. Dan ia yakin bahwa segala sesuatu itu telah diatur oleh Tuhan , pertemuannya dengan inha yang indah dan perpisahan yang menyedihkan telah ditulis oleh sebuah pena yang disebut Takdir. Banyak hal yang terjadi setelah perpisahan itu.
Dan akhirnya dia percaya bahwa…

Tuhan pasti memberi seseorang apa yang sebenarnya ia butuh , bukan apa yang ia ingin

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Pergi

Teruntuk kamu yang sedang bimbang dalam menentukan langkah, ketahuilah, apa pun pilihanmu, perjalananmu memiliki akhir.

Selamat malam, udah lama gak ngepost nih :).  akhir-akhir ini lagi banyak masalah, Tulisan ini cukup mewakili apa yang aku rasakan saat ini. Semoga bermaanfaat buat pembaca !

Bertarung melawan pikiran sendiri memang melelahkan, apalagi bila selalu tertuju pada seseorang. Bagaimana tidak? Memang ada hal lain yang membuat lehermu tercekik oleh isi kepala sendiri selain karena prasangka? Yang membuatmu selalu menerka-nerka esok hari akan seperti apa sehingga banyak pikiran tidak perlu yang muncul dan membuatmu semakin lelah.

Memenuhi ego kadang terasa seperti kebutuhan. Salah satu ego terbesar adalah mencintai seseorang. Apalagi yang bisa kamu perbuat demi hatimu yang mencintai seseorang? Berjuang mendapatkannya atau hanya duduk diam menunggu keajaiban semoga ia tau perasaanmu dan membalasnya?

Sebentar, mari membahas kemungkinan terburuk di antara banyaknya kemungkinan yang ada. Bagaimana bila perjuanganmu gagal? Apakah kamu bersikukuh untuk terus lanjut atau justru memilih pergi? Permasalahan berikutnya adalah, ketika kamu memilih untuk melanjutkan, apakah dia layak untuk diperjuangkan? Apakah ada jaminan perjuanganmu tak sia-sia?

Mencintai seseorang tidaklah pernah mudah, tanpa pamrih bukan berarti tanpa perih. Kadang kamu memaksakan diri untuk berkali-kali berhenti menyerah dalam risiko sakit yang ditanggung sendiri. Cinta memang sebuah anugerah, tetapi tak jarang juga menjadi musibah bila tidak terbalas. Yang pada akhirnya membentuk kamu menjadi masokis yang rela bertahan dalam luka hanya dengan alasan cinta.

Nggak apa-apa, yang penting aku sayang dia meski segimana pun sakitnya.”

Kamu jadi memiliki kebiasaan buruk menipu diri dan mengabaikan rasa sakit yang menghantam dua kali lipat setiap kali kalimat itu terlintas di dalam benak. Segalanya sudah kamu lakukan hanya demi mendapatkan perhatiannya, bahkan hanya untuk dianggap ada. Bertaruh pada waktu yang penuh rahasia dan melempar dadu harapan yang berisi doa tertinggi; semoga dia menjadi milikmu.

Tapi mau sampai kapan? Keadaan paling sulit adalah membahagiakan seseorang yang tak ingin dibahagiakan.

Kamu tau apa kata lain dari berusaha mencintai orang yang tidak mencintaimu? Ya… Buang-buang waktu, bodoh. Waktu adalah kado terbaik yang disediakan Tuhan, yang bisa diberikan untuk seseorang. Dengan memberikan waktumu, berarti kamu memberikan sesuatu yang tak dapat diulang kembali. Bukankah sebuah hal yang sia-sia kamu memberikan sesuatu yang sangat berharga untuk orang yang nggak pernah sekalipun menghargaimu?

Sebaiknya sejak dini kamu sadari bahwa arah jarum jam tidak pernah melaju ke belakang dan berhenti berotasi untuk hari yang tak bisa diduplikasi. Tentu sudah seharusnya kamu menyayangi dirimu sendiri…, dengan segera berhenti. Berhenti dan pergi untuk menemukan seseorang yang lebih pantas kamu perjuangkan.

Dan, waktu yang tepat untuk pergi adalah… ketika yang kamu dapatkan hanya pengabaian dan ketika mencintai seseorang membuatmu menjadi orang lain, bukan dirimu sendiri.

Diam, hembuskan napas, lalu berpikirlah. Kamu akan tahu kapan waktu yang tepat untuk pergi. Mantapkan langkah kaki agar kamu tidak berjalan mundur. Percayalah, kamu pantas mencintai dan dicintai orang yang lebih baik, dan semua hanya masalah waktu sampai kamu bertemu dengan orang itu.

Seseorang yang membuatmu merasa pulang ke rumah, saling melengkapi, dan membuat kamu berkata “Cukup, aku berhenti di kamu.”

Bagian tersulit dalam mencintai adalah ketika tidak dicintai.

Berhentilah menjadi naif, cintamu itu pamrih. Ya, cinta kita semua pamrih.

Ketika Kamu Tak Tau Harus Berbuat Apa

Hari senin pagi yang dingin pukul 08.00 Roy sudah harus tiba dikantor tempat ia bekerja. Disana Roy bekerja sebagai IT enginerring merangkap manusia penyedot tinja. Roy sudah bekerja selama 1 dekade. Roy senang dengan pekerjaannya tersebut karena menurut ia pekerjaan itu cocok buatnya selain karena gajinya yang lumayan gede , juga karena notabene dulu dia hobi ngehack facebook mantannya dan suka ngintipin temannya (cowok) lagi boker. Karena sukses, Roy kini telah mempunyai 1 istri dan 11 orang anak. Dia merasa hidupnya telah sempurna.
Suatu ketika kantor tempat Roy bekerja akan mengalami kebangkrutan dan tidak membutuhkan penyedot tinja lagi. Roy pun diPHK dari pekerjaan itu. Roy tidak bisa berbuat apa-apa, yang dipikirnya hanyalah mencari pekerjaan baru dan menghidupi 11 anak beserta istrinya. Sesampainya di rumah , Roy disambut oleh tuntutan 11 anaknya. Mereka ingin dibuatkan lapangan futsall di lereng gunung batur, katanya buat adu tanding futsall dengan manusia tapir dan manusia kecoa. Kalau keinginan mereka tidak penuhi, mereka mengancam tidak akan pernah pipis selama setahun penuh.
Sekali lagi Roy tidak bisa berbuat apa-apa mengenai tuntutan anaknya. Roy bingung harus berbuat apa seperti telur diujung tanduk.

Memang segala sesuatu terkadang berjalan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. .

Pasti ada rasa bosan dan capek, itu wajar dan manusiawi. Tapi itu bukan alasan yang tepat untuk berhenti

Ketika kamu tak tau harus berbuat apa, istirahatlah sejenak.
Berbaringlah sejenak di atas kasur atau sofa yang nyaman, ambillah handphone dan putar lagu” yang kamu suka atau mainlah game yang dapat membuat kamu lupa sejenak dengan segala bebanmu

Ketika kamu tak tau harus berbuat apa, makanlah apapun yang kamu suka.
Makanlah apapun yang kamu suka , tidak peduli segala resiko yang ada. Makanan yang kamu suka terbukti ampuh menjadi moodbooster agar mengurangi beban dipundakmu

Ketika kamu tak tau harus berbuat apa , tertawalah dengan sahabatmu.
Beban yang dipikul memang terasa berat, tapi tidak jika kita berbagi. Carilah salah seorang sahabatmu yang tidak ada sangkut paut nya dengan masalahmu, ajaklah dia melakukan hal” yang biasanya kalian suka , tertawa lepaslah bersamanya, lupakan beban yang kamu pikul. Setidaknya sampai kamu merasa semangat lagi.

Ketika kamu tak tau harus berbuat apa, janganlah berpikir jika kamu itu sendirian.
Dunia ini luas , janganlah berpikir hanya kamu yang mempunyai beban seperti ini , diluar sana banyak yang sepertimu. Hanya saja mereka pasti menutupi masalah mereka. Tidak menutup kemungkinan ada orang yang memiliki beban lebih darimu

Setiap orang pasti mempunyai beban masing-masing. Wajarlah jika sesekali mengeluh dengan keadaan. Lampiaskanlah semua beban mu , sampai kamu merasa terlalu capek untuk mengeluh lagi. Dan bangunlah pelan-pelan sampai kamu merasa….

“aku pasti bisa mengatasi ini”

A Song Make You Feel Better

Baru saja berakhir hujan di sore ini
Menyisakan keajaiban kilauan indahnya pelangi
Tak pernah terlewatkan dan tetap mengaguminya
Kesempatan seperti ini tak akan bisa dibeli
Bersama mu kuhabiskan waktu , senang bisa mengenal dirimu
Rasanya semua begitu sempurna, sayang untuk mengakhirinya

Begitulah beberapa bait lagu yang aku dengar saat aku menulis tulisan ini. Judul lagu itu adalah Sahabat Kecil, yang dinyanyikan oleh Ipang. Lagu ini dibuat sebagai soundtrack film laskar pelangi.

Entah kenapa sejak pertama denger lagu ini , aku langsung terbius dengan alunan nada-nadanya, intonasi , dan suara ipang yang agak rock-rock melow gitu. Iya aku tau lagu ini udah lama ada dan aku kudet baru tau sekarang.
Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mempunyai sahabat yang terbaik dalam hidupnya. Lagu ini mempunyai lirik puitis yang mempunyai beberapa majas didalamnya. Dengan alunan gitar akustik, lagu ini cocok didengerin buat kamu yang seneng lagu slow tapi gak melow. Langsung aja download di sini

Overthinking

efer

“Menjadi tidak tahu lebih baik dari pada tau segalanya” kata orng yang kecewa karena kenyataan yang dilihat tidak sesuai dengan yang di inginkan.

Terkadang menjadi orang yang cuek itu enak ,orang cuek tidak akan mendengarkan apapun masukan ataupun cemooh dari orng lain. Orang cuek juga tidak akan memiliki perasaan yang kuat terhadap apapun yang dikerjaannya. Orng cuek akan tetap bahagia , walaupun bahagia dalam ketidaktahuan.

Berbeda dengan orang yang overthinking , buat yang belum tau , overthinking itu kebiasaan seseorang yang suka berpikir terlalu panjang , ya bisa disebut kebanyakan mikir. Overthinking sebenarnya kebiasaan yang bermata ganda, orang yang overthinking biasanya sering merasakan kekecewaan karena segala yang dipikirkan itu sia” dan tidak terjadi. Efek buruknya , ya jadi susah tidur (karena kebanyakan mikir), lambat mengambil keputusan , gampang panik.

bgbhnTapi kebiasaan overthinking juga bagus dalam analisa masalah, dan juga menghayal, orang yg overthinking biasanya mempunyai tingkat imajinasi yang tinggi .Misalnya Jika sedang menonton film , ia akan bisa membayangkan secara detail jika ia ada dalam film tersebut. Dan juga seakan akan ia bisa berbicara dengan dirinya yang lain . yah mungkin itu secara garis besar yang bisa aku jelaskan.

Menurutku sebenarnya ada 2 solusi untuk efek buruk dari overthinking , pertama ia harus merubah secara paksa kebiasaannya itu (walaupun susah) tapi itu harus agar kebiasaan itu tidak berlanjut lagi. Kedua ia bisa mencari atau mempunyai seorang sahabat ataupun pasangan hidup yang bisa menenangkan saat kebiasaan overthinking muncul.

Sebab seorang overthinking hanya membutuhkan tempat untuk berbagi pemikirannya tanpa ada rasa canggung.